Beberapa Petunjuk Tentang Pola Makan untuk Ibu Menyusui

Salah satu kekhawatiran para ibu baru adalah bagaimana pola makan akan mempengaruhi ASI untuk bayi. Sebenarnya para ibu tidak perlu khawatir. Pada umumnya, tidak ada perubahan drastis pada apa yang Ibu makan ataupun minum saat menyusui. Namun, ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan tentang Vitamin dan Mineral yang dibutuhkan saat menyusui. Berikut penjelasannya

1. Konsumsi Makanan Seimbang untuk Kesehatan Ibu

Salah satu hal unik yang Ibu harus tahu adalah, ASI selalu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi meskipun terkadang makanan yang Ibu konsumsi sedikit tidak seimbang. Namun, kalau diet yang Ibu jalani terlalu rendah kalori dan sangat tidak seimbang, tentu saja akan mempengaruhi kualitas ASI secara negatif.

 

2. Jangan Menghitung Kalori

Tidak ada jawaban yang tepat tentang seberapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Namun pada umumnya, kebanyakan wanita menyusui membutuhkan lebih banyak 500 kalori ketimbang wanita yang tidak menyusui. Jadi, dalam sehari kebutuhan kalori wanita menyusui mencapai sekitar 2000- 2500. Daripada menghitung kalori, lebih baik jadikan rasa lapar yang dirasakan sebagai petunjuk seberapa banyak makanan yang Ibu butuhkan.

 

3. Konsumsi Makanan Sehat

Keberagaman dan keseimbangan adalah kunci dari pola makan sehat. Mengkonsumsi campuran karbohidrat, protein, dan lemak di waktu makan membantu Ibu untuk memperpanjang rasa kenyang dan menambah suplai nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

 

4. Pilih Lemak Sehat

Lemak sehat yang dimaksud adalah monounsaturated dan polyunsaturated. Sumber-sumber terbaik dari dari lemak sehat tersebut adalah minyak kanola, minyal zaitun, dan lemak ikan (seperti salmon). Selain itu, lemak sehat juga bisa ditemukan di alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Batasi lemak jenuh dan hindari lemak trans, karena keduanya termasuk tidak sehat. Lemak jenuh biasanya ada pada daging berlemak, whole milk (susu segar), minyak kelapa, dan mentega.

 

5. Konsumsi Ikan, Tapi Berhati-Hati

Untuk ibu menyusui, mengkonsumsi protein dari berbagai sumber itu sangat penting, termasuk dari ikan. Beberapa ikan (terutama ikan air dingin) juga mengandung DHA dan EPA, jenis lemak omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak dan mata di tahun pertama si Kecil. DHA tidak hanya bermanfaat bagi si Kecil, tapi juga memiliki dampak positif bagi Ibu.

Makanan yang Ibu makan memang mempengaruhi rasa dan kualitas ASI. Ibu memang perlu berhati-hati, tapi jangan terlalu membatasi diri juga. Konsumsilah beragam makanan sehat untuk memperoleh nutrisi seimbang. Untuk tips lain tentang kesehatan kalian bisa langsung aja buka website https://www.guesehat.com/ biar lebih banyak tau.