Ragam Digital Marketing Life Hacks

Ragam Digital Marketing Life Hacks

Digital marketing dapat dikatakan sebagai jurus andalan untuk memikat calon pelanggan diera Revolusi Industri 4.0 seperti sekarang ini. Pergeseran pasar offline menjadi online tentu menjadi alasan utamanya. Namun, sebagai pengusaha yang masih merintis usaha dan belum memiliki pengalaman atau tenaga ahli untuk bidang marketing pasti akan sukar dalam menemukan ide untuk memasarkan produknya. Nah, kali ini akan kita bahas tentang Ragam Digital Marketing Life Hacks yang dapat menjadi ide sekaligus jalur alternatif pemasaran usaha kamu.

Apa Sih Digital Marketing?

Digital marketing alias pemasaran digital bisa diartikan sebagai usaha pemasaran atau promosi yang menggunakan perangkat elektronik yang bisa berbasis internet atau media publikasi elektronik offline.

Secara umum media yang biasa digunakan untuk digital marketing berbasis internet(online) adalah website, media sosial, email, dan lainnya.

Sedangkan untuk digital marketing berbasis offline yang menggunakan media publikasi elektronik beberapa diantaranya  televisi, radio, dan video tron.

Media Digital Marketing Offline

Sebenarnya digital marketing offline ini paling sering kita temui dan berjaya pada masanya. Dikatakan offline karena media yang digunakan tidak menggunakan koneksi internet namun sudah berformat digital.

TV

Media TV

Radio

Media Radio

Video Tron

Media Video Tron

Dari ketiga jenis media offline tersebut semuanya menggunakan komunikasi satu arah dimana calon konsumen hanya dapat melihat iklan namun tidak dapat secara langsung berkomunikasi dengan pihak marketing. Kelemahan lainnya adalah calon pelanggan harus menulis manual nomor telepon atau URL website yang dicantumkan, sehingga berisiko human error.

Sedangkan kelebihan dari media offline ini salah satunya adalah dapat difokuskan untuk suatu wilayah tertentu. Misalkan memanfaatkan video tron yang terletak di kota A untuk memasarkan event di kota A. Maka yang mengetahui publikasi tersebut hanyalah orang yang melihat video tron di kota A.

Kelebihan lainnya adalah penyesuaian iklan sesuai dengan kultur dan budaya setempat. Misalkan kita ingin beriklan di TV nasional maka tentulah harus berbahasa Indoensia. Sedangkan jika kita beriklan di TV lokal maka kita dapat sesuaikan dengan bahasa daerah setempat yang tentunya akan lebih relevan.

Media Digital Marketing Online

Digital marketing akan dikategorikan online jika memanfaatkan jaringan internet. Kelebihan dari digital marketing yang menggunakan internet  adalah jangkauan yang sangat luas dan tidak terbatas pada tempat.

Website & Blog

Website

Sosial Media

Sosial Media

Email

Email

Dari empat media diatas tentunya memiliki keistimewaan masing-masing. Seperti halnya sosial media yang pasti sudah memiliki pengguna sangat banyak. Terlebih pada sosial media tersedia fitur filtering atau hashtag yang mempermudah pengguna dalam mengikuti suatu topik.

Berbeda dengan blog dan website yang harus dicari secara manual dengan mesin pencari seperti Google. Namun, kelebihan website atau blog adalah dapat dijadikan rumah virtual usaha atau bisnis kita. Selain itu dengan website atau blog kita dapat memiliki karakter dimata calon konsumen sehingga terlihat lebih profesional.

Strategi Digital Marketing

Ada berbagai macam strategi atau metode digital marketing sesuai dengan medianya. Tentunya adanya perbedaan pada media yang digunakan menimbulkan kelebihan dan kekurangan. Lalu apa saja strategi yang dapat kita pilih?

SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode untuk mengoptimasi website atau blog agar tampil pada posisi paling atas pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google atau Bing. Hasil pencarian pertama atau berada paling tidak pada posisi lima teratas maka rasio klik yang akan terjadi lebih besar daripada hasil pencarian yang berada dibawah posisi lima. Dengan kata lain website yang berada pada hasil pencarian teratas akan lebih sering dikunjungi.

Memanfaatkan SEO sebagai strategi digital marketing harus memperhatikan dua faktor, yaitu SEO On Page  dan SEO Off Page. Dua faktor ini sangat berpengaruh pada algoritma sebuah mesin pencari. Sehingga jika kita mengoptimalkannya maka kemungkinan besar website atau blog yang kita kelola akan berada hasil pencarian teratas karena disukai algotirma.

SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan jalan pintas dari SEO. Mengapa jalan pintas? Karena kita bisa mendapatkan posisi teratas hanya dengan membayar. Dapat dikatakan SEM ini adalah metode SEO yang berbayar.

Karena kita membayar tentunya tidak perlu takut dengan visibilitas dan algoritma yang selalu berubah. Yang menarik adalah pengunjung yang kita dapatkan tetaplah organik karena jika promosi kita muncul dihasil pencarian calon pelanggan maka hampir 100% produk kita sesuai seperti yang sedang dicari.

SMM

SMM atau Sosial Media Marketing adalah strategi marketing yang menggunakan sosial media sebagai sumber pasarnya. Kunci dari keberhasilan dari sosial media marketing adalah visibilitas di beranda calon pelanggan.

Faktor yang mempengaruhi visibilitas pada postingan sosial media adalah jumlah like, share, dan komentar.

PPC

PPC atau Pay Per Click merupakan strategi marketing yang memanfaatkan jaringan iklan. Contoh PPC yang populer adalah GoogleAds.

Prinsip dari PPC adalah kita harus membelanjakan uang untuk saldo iklan yang nantinya jika iklan kita diklik oleh calon pelanggan maka saldo iklan yang ada akan berkurang sesuai dengan tarif yang berlaku.

Hal yang menarik dari PPC adalah banyaknya format iklan yang ada dan dapat disesuaikan peletakannya oleh publisher.

Konten Marketing

Konten marketing dapat dikatakan sebagai metode marketing yang paling membutuhkan usaha lebih. Mengapa? Karena metode marketingnya haruslah membuat konten yang bersangkutan dengan produk yang dijual namun harus lebih condong ke konten agar tidak terkesan promosi.

Hal positif dari konten marketing adalah kita dapat sekaligus membagikan ilmu atau pengalaman kepada calon pelanggan. Misalkan saja kita memiliki jasa towing mobil dan membuat konten marketing dengan topik modifikasi mobil, tentunya jika kita menawarkan jasa towing tersebut masih relevan dan topik modifikasi masih mendominasi.

Menariknya jika kita menggunakan media marketing offline pemasaran dengan strategi konten marketing dapat dikemas dalam bentuk Iklan Layanan Masyarakat.

Email Marketing

Email marketing merupakan pemasaran yang dilakukan dengan mengirimkan informasi produk atau penawaran ke email calon pelanggan. Metode ini akan efektif jika kita memiliki kontak email pelanggan sayang sudah ada atau orang yang sengaja berlangganan update dari kita.

Alasan Utama Mengapa Harus Digital Marketing

Menerapakan digital marketing yang berbasis internet maka kita dapat menyasar lebih dari 171 juta pengguna internet yang ada di Indonesia dan tidak terbatas pada lokasi.

Kita dapat memilih pemasaran hanya pada lingkup tertentu atau secara global melalui media online. Dengan teknologi yang ada, pemasaran akan lebih tepat sasaran dan terkontrol.

Dengan digital marketing, biaya yang diperlukan dapat disesuaikan dan ditekan dengan format pemasaran yang berbeda sesuai dengan jangkauan pasar yang kita inginkan.

Bagaimana Agar Digital Marketing Lebih Maksimal?

Ragam Digital Marketing Life Hacks

Berikut ini adalah beberapa Digital Marketing Life Hacks yang MitraBlogger lakukan untuk memasarkan produk :

Berani Tampil Beda

Bangun branding seunik mungkin agar lebih menonjol dan mudah diingat. Pemasaran dengan menonjolkan keunikan pasti akan lebih menarik karena akan terlihat kontras dengan para pesaing. Misalkan saja dalam pemasaran kita menggunakan maskot yang lucu dan ikonik atau meningkatkan visibilitas dengan membuat desain dengan warna yang mencolok.

Dalam strategi konten marketing atau SEO tentunya cara ini sangat efektif, terutama jika fokus kita adalah pelanggan yang mencari melalui hasil pencarian gambar.

Manfaatkan Tools Alternatif

Jika kita adalah pemula dan belum memiliki karyawan yang ahli dalam desain tentunya akan kesulitan dalam membuat konten untuk pemasaran. Untuk itu kita harus memanfaatkan tools gratis namun bisa mempermudah pekerjaan dengan hasil yang bagus seperti dikerjakan oleh profesional.

Contoh tool yang dapat dimanfaatkan adalah Canva. Dengan Canva kita tidak pelu susah payah untuk membuat konten pemasaran karena sudah disediakan fitur seperti pembuatan poster, infografis, kartu nama, dan masih banyak lagi. Pada Canva kita hanya cukup drag & drop pada objek yang kita inginkan dan tidak perlu membuat sebuat objek dari nol. Gampang bukan?

Amati-Modifikasi-Terapkan

Pola amati-modifikasi-terapkan merupakan cara yang paling ampuh untuk ikut bersaing. Dengan mengamati kompetitior tentu kita dapat menyiapkan ide counter attack untuk ikut bertarung memperbutkan pasar.

Life hack ini dapat diterapkan jika kita menggunakan strategi sosial media marketing, SEO, SEM atau email marketing.

Contoh sederhana yang dapat diterapkan pada sosial media marketing adalah  menggunakan hashtag yang sama dengan kompetitor dengan jangauan adiens yang lebih besar. Dengan begitu kita dapat meningkatkan visibilitas dipasar sosial media.

Eksperimen

Melakukan pemasaran sekaligus bereksperimen tentunya bukan hal aneh. Karena dengan berekperimen kita dapat mengetahui minat pasar.

Contoh eksperimen yang dapat dilakukan adalah dengan menawarkan diskon atau penawaran khusus lainnya saat promosi. Disni dapat kita lihat seberapa berpengaruhnya penawaran khusus dengan hasil penjualan.

Contoh eksperimen lain yang menarik adalah mencoba pemasaran melalui paid promote di sosial media seperti Instagram, juga termasuk promosi di sosial lain yang berbeda.

Sedangkan eksperimen juga dapat dilakukan jika kita menggunakan strategi PPC atau SEM dimana kita dapat membandingkan kata kunci bid rendah dan tinggi dengan rasio penelusuran.

Analisa Kecocokan Media

Setelah bereksperimen tentunya kita mengetahui hasil mana yang lebih maksimal. Dengan mengetahui media yang paling berpengaruh maka berikan perhatian lebih ke media tersebut namun tetap menjalankan pemasaran dimedia lainnya walaupun frekuensinya sedikit dikurangi.

Poin ini sangat penting karena tidak semua pasar memiliki minat kepada apa yang kita tawarkan.

Gunakan Influencer

Apapun strategi dan media pemasaran yang kita gunakan influencer tetaplah menjadi penolong saat kita kehabisan ide. Bekerja sama dengan influencer tidak hanya membantu pemasaran kita namun kita bisa mendapatkan ilmu baru tentang kreatifitas dalam melakukan pemasaran digital.

Poin paling menguntungkan jika kita menggunakan jasa influencer adalah kita tidak perlu mengelola website, sosial media, atau media digital marketing lainnya, melainkan kita diberikan fasilitas yang dimiliki oleh influencer tersebut.

Misalkan kita menggunakan jasa influencer dengan basis sosial media maka pemasaran kita akan diwakilkan oleh akun sang influencer tersebut. Soal konten? Tenang saja, kita dapat meminta influencer untuk membuatnya dimana kita hanya memberikan arahan dan materinya.

Perhatikan dan Dekati Konsumen

Semua strategi pemasaran sudah dilakukan sesuai dengan media digital marketingnya. Namun ternyata kita lemah dalam hal komunikasi dengan konsumen. Hal seperti ini sangatlah merugikan dan membuat calon konsumen sedikit was-was.

Beberapa life hacks yang dapat dilakukan agar menjadi lebih dekat dengan konsumen adalah :

  1. Memberikan opsi aplikasi chat yang variatif seperti WA, Line, atau Telegram.
  2. Berusaha memiliki rekening yang sama dengan pelanggan.
  3. Tidak sungkan untuk berbicara langsung

Karena dengan mempermudah proses komunikasi tentunya akan membuat konsumen lebih nyaman dan lebih percaya untuk melakukan transaksi.

Bangun Website

Kemudian yang terakhir adalah life hacks untuk menyempurnakan semua alngkah yang telah dilakukan, yaitu memiliki rumah virtual alias website atau blog. Memang apa saja keuntungan memiliki website?

Berdasarkan pengalaman pribadi MitraBlogger, keuntungan memiliki website untuk berbisnis diantaranya :

  1. Lebih terpersonalisasi
  2. Lebih profesional & terpercaya
  3. Dapat dijadikan portal resmi
  4. Sebagai media digital marketing yang all in one

Poin terpenting adalah jangan sampai tidak memiliki website  jika ingin melakukan digital marketing.

Website atau blog dapat dikatakan sebagai media digital marketing yang all in one karena kita dapat melakukan semua strategi digital marketing dengan materi dan website itu sendiri. Hal ini dapat diuraikan seperti berikut berdasarkan strategi :

SEM, SEO, PPC, dan Email Marketing

Empat jenis strategi digital markting ini pasti membutuhkan sebuah domain website atau blog untuk menjadi rujukan setelah calon pelanggan mengklik iklan atau hasil pencarian. Lalu jika kita tidak memiliki website maka kita tidak bisa menggunakan keempat strategi digital marketing ini.

Sosial Media Marketing

Sosial media tentunya memiliki beberapa batasan untuk melakukan personalisasi dan dalam hal fitur untuk mendeskripsikan produk. Walaupun bisa dibuat secara manual namun pasti tidak serapi jika kita menggunakan website untuk memajang produk yang kita tawarkan.

Dengan bantuan plugin atau CMS khusus untuk website ecommerce, penjelasan produk tentu akan lebih maksimal dan gamblang daripada jika di postingan sosial media. Tentunya juga akan lebih profesional dimata calon pelanggan.

Konten Marketing

Hampir sama dengan kendala pada sosial media yaitu keterbatasan personalisasi. Jika kita melakukan  strategi konten marketing berjenis artikel tentunya akan lebih nyaman jika menggunakan website karena kita bisa memberikan ilustrasi dengan tata letak yang tepat dan ukuran serta jenis font yang dapat diubah.

Memiliki website atau blog sangatlah wajib jika kita ingin melakukan pemasaran digital. Dengan website maka pemasaran akan lebih mudah berkembang karena website sendiri memberikan dampak yang positif terhadap konsumen.

Pastikan untuk membangun websitemu sebelum memulai pemasaran dengan digital marketing. Lalu gunakan hosting terbaik untuk membangun website. Kamu dapat memulainya bersama DomainNesia yang menyediakan domain pilihan dengan harga yang murah dan web hosting murah terbaik untuk membantu perkemabngan digital marketingmu.

Domain Murah Pilihan DomaiNesia

DomainNesia menyediakan berbagai macam domain TLD yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Domain .com andalan pun hanya dibadrol Rp 99.000 saja.

Untuk fitur yang diberikan oleh DomaiNesia sudah sangat lengkap, termasuk Managed DNS

Hosting Murah Terbaik DomaiNesia

DomaiNesia juga menyediakan hosting terbaik mulai dari Rp 16.000 perbulan yang dapat menjadi batu pijakan digital marketing kamu. Dengan pilihan spesifikasi yang bervariasi tentunya dapat kita sesuaikan jika kita merasa kurang dengan spesifikasi yang sebelumnya telah kita beli.

Walaupun dengan harga yang terjangkau, DomaiNesia tetap memberikan jaminan uptime hingga 99.9% ditambah banyak fitur plus-plus.

VPS SSD Performa Tinggi DomaiNesia

Jika web hosting biasa masih dirasa kurang DomaiNesia juga menyediakan VPS dengan SSD berperforma tinggi, tentunya semua VPS DomaiNesia didukung dengan teknologi terbaru. Semua VPS DomaiNesia sudah menggunakan SSD dan berkelas enterprise ditambah dengan kemungkinan untuk upgrade dimasa mendatang.

Jadi jangan tanya lagi soal performa nantinya karena dijamin meroket. VPS Indonesia ya DomaiNesia.

Setelah menyimak Digital Marketing Life Hacks dari MitraBlogger ini jangan sampai kalah saing karena salah strategi digital marketing. Utamanya adalah pilih media yang tepat dengan strategi yang akurat. Selamat berusaha !

Artikel ini diikut sertakan kedalam lomba ulang tahun DomaiNesia ke-10 bertema Digital Marketing Life Hacks

Referensi :

neilpatel.com/what-is-digital-marketing
karinov.co.id/mengenal-apa-itu-digital-marketing
LAPORAN SURVEI PENETRASI & PROFIL PERILAKU PENGGUNA INTERNET INDONESIA 2018 oleh APJII

Bukan seorang fanatik tapi hanya mengisi waktu luang untuk menulis dan berbagi.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*