Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Gigi Pada Anak

Mungkinkah anda salah satu pembaca yang sewaktu kecil sering mengalami sakit gigi? Jika benar maka sekarang mungkin anda sedang mencari solusi sakit gigi pada anak atau keponakan anda.

Seoarang anak kecil pastinya akan menjadi rewel, tidak mau makan bahkan sampai tidak bisa tidur jika sedang sakit gigi. Untuk mengatasi sakit gigi pada anak memang lebih baik untuk konsultasi ke dokter agar si anak tidak terlalu lama merasakan sakit gigi. Namun bisa saja kita usahakan beberapa cara simpel yang dapat dilakukan untuk mengatasi akit gigi walapun hanya untuk meredakannya sementara sebelum si kecil dibawa ke Dokter Gigi.

Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

Pada dasarnya, sakit gigi adalah rasa nyeri yang terasa di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Rasa nyeri ini makin terasa menyakitkan bila terkena makanan atau minuman dingin dan manis. Dalam kondisi yang lebih parah, rasa nyeri bisa berubah menjadi sakit berdenyut sehingga menimbulkan pusing bahkan sampai mengakibatkan pipi menjadi bengkak.

Lalu apa penyebab sakit gigi pada anak? Sakit gigi pada anak dan orang dewasa sebenarnya memiliki penyebab yang tidak berbeda jauh, yaitu kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut serta pola makan yang kurang baik.

Seperti anak-anak yang suka makanan manis seperti permen atau gulali. Makanan bertekstur seperti gulali atau coklat biasanya susah larut dengan air jika cara memaknnya dikunyah. Dengan sulit larut ini seringkali ada sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dan mengundang bakteri untuk berkembang. Selain bakteri, sisa makanan juga akan mengeluarkan zat asam dimana zat asam ini akan merusak lapisan gigi sehingga menjadi gigi berlubang.

Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Anak

Kumur dengan Air Hangat

Cara tradisional ini memiliki hasil yang ampuh. Anda pun tidak perlu repot menyiapkan bahan, cukup segelas air hangat saja. Biarkan si kecil berkumur beberapa waktu, dan tunggu khasiatnya segera. Jika dibutuhkan, Anda bisa menambahkan garam untuk hasil yang lebih maksimal.

Oles Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan yang dapat menimbulkan efek mati rasa pada gigi dan gusi yang sedang sakit. Nah, Anda bisa menuangkan sedikit minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan atau selipkan di bagian gigi yang sakit. Minyak cengkeh bertindak sebagai pembius lokal sehingga sakit mereda dan kemudian hilang.

Kompres Pipi dengan Air Dingin

Tidak jarang, pipi menjadi bengkak karena gusi sedang bermasalah ketika gigi sakit. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mencoba untuk mengompres pipi si kecil dengan air dingin atau air es. Beberapa orang juga mencoba untuk membungkus es batu dan menempelkannya di pipi. Anda bisa mencoba salah satu yang paling cocok dan disukai anak Anda.

Bawang Putih

Mudah didapatkan di rumah, bawang putih memiliki kandungan saripati yang bisa meredakan sakit gigi. Anda hanya perlu menggeprek bawang lalu meletakkannya pada gigi yang sedang sakit. Tunggu sampai rasa sakit hilang.

Beri Obat Pereda Sakit

Pemberian obat pereda sakit sebaiknya digunakan sebagai jalan terakhir jika cara-cara alami lain di atas sudah dicoba, namun belum memberikan hasil yang maksimal. Ada beberapa jenis obat pereda rasa sakit yang cocok untuk sakit gigi pada anak. Obat-obatan in mengatasi sakit gigi pada anak dengan menghambat saraf perasa nyeri atau penyebab nyeri.

Nah itulah cara menyembuhkan sakit gigi pada anak yang dapat dilakuakan jika si kecil tidak bisa menahan sakitnya sebelum dibawa ke klinik atau Dokter Gigi. Semoga bermanfaat.

Bukan seorang fanatik tapi hanya mengisi waktu luang untuk menulis dan berbagi.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*