Pengertian dan Manfaat Asuransi Jiwa Yang Perlu Kamu Ketahui

Pengertian dan manfaat asuransi jiwa

Seperti yang kita ketahui bahwa musibah dan bencana terjadi secara tiba-tiba dan terkadang kita tidak bisa menghindarinya. Untuk itu terkadang kita membutuhkan perlindungan untuk meminimalisir kerugian yang mungkin saja bisa menimpa kita. Perlindungan yang dimaksud dalam hal ini adalah dengan asuransi.

Cara kerja asuransi adalah memberikan perlindungan terhadap pihak tertanggung jika mengalami risiko dimasa mendatang dengan membayarkan premi untuk mendapatkan ganti rugi dari pihak penanggung.

Jenis asuransi sendiri bermacam-macam dengan objek makhluk hidup dan juga benda. Untuk kesempatan kali ini akan kita bahas tentang pengertian asuransi jiwa.

 

Pengertian Asuransi Jiwa

Secara garis besar asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang menanggung dan memberikan perlindungan finansial terhadap kematian anggota keluarga yang mempengarhui finansial yang nantinya akan diberikan ke pihak ahli waris.

Gambarannya adalah jika seseorang yang terdaftar dengan asuransi jiwa meninggal, maka pihak penanggung akan memberikan pertanggungjawaban kepada keluarga atau orang yang ditunjuk sebagai ahli waris.

 

Jenis Asuransi Jiwa

Sebenarnya jenis asuransi jiwa tergantung oleh lembaga yang menawarkannya, namun pada umumnya terdapat beberapa jenis seperti berikut:

Asuransi Jiwa Berjangka

Merupakan jenis asuransi jiwa yang memberikan perlindungan jika individu tertanggung meninggal namun tidak terdapat peningkatan kas. Semakin tua usia tertanggung maka semakin tinggi pula angka peluang kematiannya, sehingga biaya premi yang harus dibayarkan akan semakin tinggi.

Asuransi Jiwa Penuh

Jenis ini memiliki 2 ciri, yaitu pihak penanggung membayar sejumlah nilai pengganti dengan tertentu ketika kematian pihak tertanggung dan mengakumulasikan nilai tunai yang dipinjam oleh pihak pemilik polis.

Asurani Jiwa Universal

Merupakan kombinasi antara asuransi jiwa berjangka dengan asuransi jiwa penuh. Jumlah premi yang dibayarkan sama dengan asuransi jiwa penuh, manfaat yang nantinya akan diberikan akan semakin besar karena sebagian premi akan digunakan untuk membeli asuransi jiwa berjangka dan sisanya digunakan untuk investasi yang bebas dari pajak.

 

Manfaat Asuransi Jiwa

Mekanisme perlindungan asuransi mungkin tidak begitu penting bagi sebagian orang, namun disisi lain pastinya juga ada orang yang membutuhkan mengingat manfaat yang nantinya akan didapatkan. Terutama bagi mereka yang bekerja penuh dengan risiko bahaya yang tinggi. Berikut beberapa manfaat yang dapat kita dapatkan jika memiliki asuransi jiwa:

  1. Memberikan rasa aman dan perlindungan terhadap keluarga terhadap urusan finansial
  2. Dapat menjadi tabungan dan pendapatan di masa mendatang
  3. Alternatif dalam menjamin pendidikan anak
  4. Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit
  5. Dan masih banyak lagi tergantung dengan asuransi yang anda ambil.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang pengertian dan manfaat asuransi jiwa dari MitraBlogger. Jangan lupa bahwa dalam hidup kita bisa memilih, selalu pilih yang terbaik untuk keluarga tercinta. Salam sukses dan salam sejahtera untuk kita semua!

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*