Kepincut Laptop ASUS OLED, Layarnya Bukan Sembarang Layar!

Layarnya bukan sembarang layar! Judulnya meledak-ledak karena memang seantusias itu saya setelah mendengar ada laptop dengan layar OLED namun harganya masih ramah dengan kantong.

Kabar baik tersebut berkat ASUS yang menghadirkan varian laptop dengan layar ASUS OLED. Memang apa bedanya layar ASUS OLED dengan layar laptop lainnya? Apakah ada hal istimewa?

Nah, agar tahu perbedaan dan keistimewaannya mari kita bahas secara rinci tentang ASUS OLED karena saya yakin bahwa laptop ini cocok untuk kita semua.

Mata Lelah

Kegiatan Serba Daring Bikin Mata Jadi Kering

 

Sebelum membahas lebih jauh di sini saya akan bercerita tentang pengalaman buruk saya karena terlalu lama menatap layar laptop yang masih menggunakan LCD biasa.

Saat itu saya menatap layar laptop selama hampir 8 jam berturut-turut dan membuat mata serasa pedas dan kering, bahkan pernah karena mata saya lelah dalam beberapa hari penglihatan menjadi kabur.

Kejadian ini terjadi saat awal-awal pandemi ketika saya masih kuliah, karena PJJ dan ada praktikum jadi mau tidak mau harus menggunakan laptop.

Setelah saya cari di forum-forum kesehatan ternyata benar, gejala yang saya alami memang karena terlalu lama menatap layar laptop kemudian saya ubah pola menatap layar, yaitu dengan beristirahat sejenak tiap 1 jam.

Tidak hanya itu, saya inisiatif membeli sebuah monitor yang saya rasa lebih nyaman dan lebih luas dimata daripada layar laptop. Tetapi karena tambahan monitor tersebut selain harus mengeluarkan uang untuk membelinya juga harus rela membayar tagihan listrik yang sedikit bertambah.

Untungnya gejala yang saya alami sedikit berkurang dengan melakukan kedua hal tersebut walaupun pekerjaan selesai dengan waktu yang lebih lama karena harus istirahat sebentar.

Mungkin kejadian seperti itu tidak hanya terjadi kepada saya karena secara tidak sadar kita sudah terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari sudah serba daring sejak pandemi COVID-19 menyerang.

Detik Network bekerja sama dengan ASUS telah melakukan survei yang diikuti oleh lebih dari 500 responden dengan latar belakang, profesi, dan usia yang berbeda. Pada survey tersebut ada tiga informasi yang dapat kita ketahui.

68,1%

Responden telah sadar jika paparan radiasi cahaya biru dapat merusak kesehatan mata

47,3%

Responden menghabiskan waktu antara 5-10 jam di depan laptop

66,5%

Responden mempertimbangkan tingkat radiasi cahaya biru saat membeli laptop

Apabila saya ikut serta dalam survei tersebut saya juga akan sepakat bahwa paparan radiasi cahaya biru dari layar dapat membuat gangguan kesehatan mata karena saya pernah mengalaminya sendiri. Terlebih jika ada pilihan laptop dengan fitur radiasi biru yang kecil maka kemungkinan saya akan mempertimbangakannya juga.

Untuk menjawab kebutuhan pasar tersebut ternyata ASUS menghadirkan beberapa model laptop yang sudah menggunakan layar OLED agar aktivitas kita yang cukup lama di depan layar tetap merasakan nyaman dan aman.

Ada Apa Dengan Layar OLED?

Ketika kita berbicara mengenai layar tentu kita akan langsung tertuju pada tiga perangkat elektronik yang sering kita gunakan yaitu TV, laptop dan ponsel. Pada tiga perangkat elektronik tersebut pasti memiliki layar yang disesuaikan dengan pasar.

Ada yang menggunakan IPS, TFT dan ada juga OLED. Lalu jenis layar mana yang paling mahal? Jawabannya adalah OLED.

Layar OLEDsering digunakan pada perangkat elektronik premium atau flagship sehingga harganya pasti mahal.

Saya pribadi memilih menggunakan ponsel dengan layar OLED dengan beberapa alasan:

  1. Warna tajam
  2. Kontras lebih bagus
  3. Lebih nyaman di mata

Dari hal tersebut saya pernah berangan-angan akankah ada laptop dengan layar OLED namun harganya masih terjangkau?

Angan-angan tersebut muncul karena beberapa tahun terakhir sudah mulai banyak ponsel dengan layar OLED yang harganya cukup terjangkau. Akan tetapi laptop yang menggunakan layar OLED harganya masih belasan juta bahkan lebih walaupun tren layar OLED di laptop sudah mulai diramaikan oleh berbagai brand.

Produktif

Lebih Sehat dan Produktif Dengan Layar Istimewa ASUS OLED

Alasan saya sebelumnya memilih ponsel dengan layar OLED karena ketajaman warna, kontras dan kenyamanan di mata. Tiga hal tersebut sudah cukup bagi saya untuk menjawab alasan memilih layar OLED.

Akan tetapi tidak disangka, setelah membaca informasi mengenai keunggulan layar ASUS OLED ternyata layar ASUS OLED menawarkan lebih dari tiga hal yang menjadi alasan saya memilih layar OLED dan semuanya melebihi ekspektasi saya. Berikut alasannya mengapa ASUS OLED saya sebut istimewa:

ASUS OLED Memiliki Color Gamut 100% DCI-P3

Dulu ketika saya mencari monitor untuk layar tambahan di laptop saya, faktor color gamut yang dimiliki merupakan pertimbangan yang penting mengingat pekerjaan saya berhubungan dengan foto produk dan desain. Kalau keluar uang lebih maka harus ada keuntungan yang harus didapatkan, itu prinsip saya.

Color gamut merupakan rentang warna yang dapat dihasilkan oleh suatu layar yang dapat dilihat oleh mata manusia. Semakin tinggi color gamut sebuah layar maka warna yang bisa dihasilkan oleh layar tersebut bisa lebih banyak.

Pada waktu itu saya memutuskan untuk membeli monitor yang memiliki color gamut sRGB 99% mengingat monitor dengan color gamut yang lebih luas harganya lebih mahal.

Hadirnya ASUS OLED yang memiliki color gamut 100% DCI P3 tentu sangat membuat saya senang karena monitor dengan spesifikasi yang sama mungkin harganya diatas 5 juta rupiah bahkan bisa lebih.

sRGB 100% vs DCI-P3 100%

100%

DCI-P3 color gamut

133%

sRGB color gamut

1.07

miliar warna

Color gamut 100% DCI P3 jika diubah ke sRGB maka menjadi 133% warna pada color space sRGB. Tentu lebih bagus dan lebih akurat jika dibandingkan dengan monitor yang saya gunakan sekarang.

Hal penting lainnya yaitu ASUS OLED sudah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display. Apa artinya? Artinya adalah layar ASUS OLED telah dilakukan kalibrasi warna sehingga warna warna yang dihasilkan lebih akurat sesuai dengan standar sertifikasi PANTONE.

Dengan color gamut seluas ini saya tidak heran jika 9 dari 10 content creator dan pakar yang menjadi subjek dari riset kualitatif yang dialkukan oleh ASUS mengatakan bahwa ASUS OLED memiliki kombinasi tingkat kecerahan layar serta warna yang sangat baik.

Fitur Eye Care Tanpa Mengurangi Kualitas Akurasi Warna

Fitur ini memang sudah banyak dimiliki oleh banyak monitor dan laptop, akan tetapi hal yang disayangkan adalah layar menjadi agak kemerahan sehingga akurasi warna menurun saat fitur diaktifkan.

Berbeda dengan ASUS OLED yang menerapkan fitur Eye Care tetapi masih mempertahankan tingkat akurasi warna. Hal tersebut karena ASUS OLED tidak menghilangkan spektrum biru melainkan menggesernya ke spektrum biru yang dianggap masih aman jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan ASUS mengklaim dapat mengurangi 70% cahaya biru yang berbahaya bagi mata.

ASUS OLED menggeser spektrum biru

Soal kesehatan dan keamanan mata terhadap cahaya biru, ASUS OLED telah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland sehingga sudah terbukti keamanannya.

Hadirnya fitur Eye Care ASUS OLED ini tentunya sangat membantu kita semua yang lama memandang layar dan bekerja dibidang kreatif yang membutuhkan akurasi warna yang baik. Tentunya bersama ASUS OLED saya yakin keluhan mata lelah dan kering karena terlalu lama di depan layar sudah teratasi.

Gambar Tetap Jernih Walau Dengan Kecerahan Layar Yang Rendah

Kecerahan layar terkadang membuat kita semua menjadi bimbang. Misalkan kita menggunakan kecerahan layar yang tinggi maka mata kita akan cepat lelah bahkan perih karena silau. Tetapi jika kita turunkan kecerahannya berefek pada gambar di layar menjadi sedikit keabu-abuan pucat dan hal seperti ini yang sering terjadi di laptop dan monitor saya .

Tetapi setelah saya mencoba langsung dan membuktikannya sendiri di ASUS OLED, masalah kecerahan terhadap warna yang dihasilkan tidak ada sama sekali.

Kecerahan warna LCD vs OLED

Kelebihan ini berkat ASUS OLED menggunakan 3D color gamut sebagai referensi sehingga menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya. Hal inilah yang membuat tampilan tetap jernih meski pada tingkat kecerahan yang rendah.

Sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA

Sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA memungkinkan kita menikmati konten multimedia yang sudah mendukung HDR dengan sempurna.

Tidak hanya itu, kita bisa benar-benar melihat warna hitam pekat karena layar ASUS OLED terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil yang bisa dimatikan tiap pikselnya untuk mendapatkan warna gelap sempurna.

OLED hitam pekat

Kemudian puncak kecerahan layar ASUS OLED memiliki 600 nits brigntness dan kontras rasio 1.000.000:1. Jika dibandingkan LCD biasa tentu sangat jauh karena biasanya hanya memiliki kecerahan sebanyak 250~300nits dan kontras rasio 1000:1.

Dengan spesifikasi seperti ini tentunya sangat mengasyikkan jika kita menggunakannya untuk menikmati konten multimedia karena pengalaman yang didapatkan bisa maksimal dan detail.

Response Time Layar 0,2ms

Response time sebuah layar mungkin akan dicari oleh para gamer atau penikmat film action karena layar dengan response time yang lambat bisa membuat efek blur pada gerakan gambar yang cepat.

ASUS OLED menawarkan pengalaman response time layar 0,2 ms dimana layar laptop pada umumnya memiliki response time sebesar 10ms.

Efek blur karena response time lambat

Dengan memiliki response time yang lebih cepat, ASUS OLED memungkinkan tampilan gambar dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dan detail daripada layar LCD biasa.

Lima keunggulan ASUS OLED kita sebagai pengguna dibuat lebih mudah dan bahagia karena semua kebutuhan kita tentang layar bisa didapatkan tanpa harus repot membeli barang ekstra untuk memanjakan mata.

Dari Angan Menjadi Kenyataan: Vivobook Ultra 15 OLED K513

Tidak lain dan tidak salah, seri laptop ASUS OLED inilah yang membuat saya meledak-ledak karena angan-angan saya menjadi kenyataan.

Sebelumnya saya mengatakan bahwa Penggunaan layar OLED pasti digunakan pada perangkat elektronik premium atau flagship sehingga harganya pasti mahal.

Dengan hadirnya Vivobook Ultra 15 OLED K513 maka saya mencabut pernyataan tersebut untuk kategori laptop.

Memang Vivobook Ultra 15 OLED K513 merupakan laptop termurah saat ini yang sudah menggunakan layar OLED di Indonesia, tapi bukan murahan karena sudah menggunakan ASUS OLED yang keunggulannya sudah saya jabarkan sebelumnya.

Spesifikasi yang dibawa memang bukan spesifikasi yang garang tetapi sudah sangat cukup dan mumpuni untuk kebutuhan sekolah dan pekerjaan ringan. Jika hanya untuk editing foto, membuat palet warna, color grading atau hal yang berhubungan dengan pewarnaan tentunya sangat mumpuni karena color gamut yang dimiliki sudah DCI-P3 100%.

Memang layar adalah senjata utama yang dimiliki oleh Vivobook Ultra 15 OLED K513. Dengan layar ASUS OLED yang tentunya bisa memanjakan pengguna laptop agar lebih sehat dan lebih produktif ketika bekerja atau menikmati hiburan.

Saya pun juga kepincut karena pekerjaan saya yang sering memilah dan mengedit foto produk dan membuat palet warna.

Kepercayaan saya dan tim tentang warna adalah jika di studio atau galeri tidak ada sampel barang, maka paling tidak contoh foto produk haruslah sama warnanya dengan yang asli.

Apakah hanya layar super istimewa saja yang ditawarkan oleh Vivobook Ultra 15 OLED K513? Tentu saja tidak, saya telah mencobanya langsung dapat membuktikan ada senjata lain yang dimiliki oleh laptop ini untuk memuaskan kita sebagai pengguna.

Unit Yang Saya Coba

Saya sebagai pengguna dapat merasakan bahwa laptop ini dapat memenuhi keperluan bekerja ataupun sekolah dalam keadaan online ataupun offline.

Layar Lega + OLED

Bukan hanya dibekali ASUS OLED saja, laptop ini juga lahir dengan ukuran layar 15 inci dan resolusi layar Full HD.

Dengan segudang kenyamanan dan kelebihan ASUS OLED serta layar yang luas tentu akan membuat kita lebih nyaman ketika multitasking.

Contohnya saja ketika kita sedang melakukan meeting atau PJJ secara daring, pada waktu yang sama sering kali kita memerlukan split screen untuk membuka dokumen atau browser tanpa menutup jendela Zoom atau aplikasi video conference lainnya. Dengan layar yang luas tentunya akan lebih nyaman ketika melakukan split screen di laptop.

Rasa lega dalam layar juga ada berkat NanoEdge alias bezel yang tipis yang diterapkan di laptop ini. Sehingga ketika kita memandangi layar akan terlihat sangat indah.

Spesifikasi Modern Yang Mumpuni

Laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-11(Tigerlake) terbaru sehingga menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga.

Dapur pacu Vivobook Ultra 15 OLED K513 sendiri ditenagai prosesor Intel Core i3-1115G4 yang sangat mumpuni untuk bekerja ataupun berkarya.

Sedangkan sektor grafis ditenagai Intel®️ Iris®️ Xe graphics yang sangat mumpuni untuk membuat konten grafis dan mendukung produktivitas kita.

Kombinasi keduanya memungkinkan kita berkegiatan lebih lama dengan laptop karena teknologi yang disematkan memungkinkan konsumsi daya yang lebih efisien.

Tak lupa juga Vivobook Ultra 15 OLED K513 juga sudah menggunakan penyimpanan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD sebesar 256Gb yang super cepat dan RAM 4 GB.

RAM dan Penyimpanan Bisa di Upgrade

Memang sengaja pada bagian spesifikasi singkat saya tidak menyebutkan opsi upgrade di bagian RAM & SSD, tenang itu bukan prank tapi kalian terlalu berpikir negatif saja karena belakangan ini banyak laptop yang tidak menyediakan opsi upgrade mandiri.

Kabar baiknya ASUS menyediakan 1 slot RAM SO-DIMM DDR4 untuk upgrade hingga 8GB.

Termasuk kapasitas penyimpanan NVMe 256 GB jika masih dirasa kurang tinggal kita belikan saja SSD atau HDD ukuran 2.5 inch tambahan.

Penambahan ini memungkinkan karena terdapat ruangan tambahan yang bisa kita pasangi SSD ataupun HDD biasa ukuran 2.5 inci

Lebih Nyaman dan Aman Untuk WFH Atau PJJ

Salah satu atau mungkin banyak orang dari kita pasti memiliki permasalahan tertentu ketika bekerja atau sekolah secara daring. Misalkan saja permasalahan koneksi, gangguan suara ataupun permasalahan listrik.

Untungnya Vivobook Ultra 15 OLED K513memiliki solusi ketiga permasalahan tersebut. Laptop ini sudah menggunakan Wifi 6 yang kencang dan stabil dengan fitur WiFi Smart Connect. Fitur ini memungkinkan sistem untuk memilih dan terkoneksi ke sumber wifi yang memiliki sinyal paling kuat secara otomatis sehingga kita tidak perlu panik mengganti manual wifi ketika sedang online.

Kemudian microphone yang digunakan juga sudah disematkan teknologi AI Noise Cancelling. Teknologi ini bisa meredam suara bising atau suara gangguan di sekitar kita saat meeting online.

Terakhir adalah permasalahan yang paling kita benci, yaitu listrik. Tanpa ada listrik kita bisa apa? Mungkin seperti itu kalimat bercandanya.

Kabar baiknya Vivobook Ultra 15 OLED K513 dilengkapi dengan ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT). Teknologi ini membuat laptop menjadi lebih hemat dengan peningkatan performa hingga 40% dibandingkan dengan laptop dengan spesifikasi serupa.

Tentunya fitur tersebut masih bisa disesuaikan karena AIPT hadir dengan tiga profil dan sangat mudah untuk diakses, yaitu dengan menekan kombinasi tombol “Fn” dan “F”.

Paket Komplit Tinggal Pakai

Benar-benar tinggal pakai untuk keperluan WFH dan PJJ karena Vivobook Ultra 15 OLED K513 sudah dilengkapi dengan Windows 10 Home dan Office Home & Student 2019 seumur hidup.

Tentunya softwarenya resmi dan original ya, kabar baik lainnya adalah Windows 10 Home yang terpasang sudah dikonfirmasi akan mendapatkan update sistem operasi Windows 11 tanpa biaya tambahan. Jadi mau tetap pakai Windows 10 atau ganti ke Windows 11 kita bisa semuanya.

Hal yang terpenting adalah paket komplit tinggal pakai tersebut di banderol dengan harga Rp8.599.000.

Memang sebuah laptop idaman dan serasa masih mimpi. Apa yang masih kurang dari laptop ini? Poin pertama dengan layar ASUS OLED saja sudah sangat menggembirakan tetapi masih banyak “senjata” yang diboyong oleh laptop ini.

Penasaran Sama Laptop ASUS OLED Lainnya?

Jangan sampai lupa ya kalau ASUS masih punya banyak seri laptop yang menggunakan ASUS OLED. Cari segala informasi tentang ASUS OLED dengan klik tombol dibawah ya.

Setelah membaca dari awal hingga akhir pasti langsung penasaran kan? Kalau penasaran atau bahkan masih tidak percaya mungkin teman-teman bisa mencoba pengalaman langsung menggunakan salah satu varian laptop ASUS OLED di toko laptop atau Asus Exclusive Store di kota terdekat.

Untuk yang ada di Jogja mungkin bisa langsung ke Asus Exclusive Store di Jogjatronik ataupun di Plaza Ambarukmo.

Pokoknya kalian wajib coba biar tahu kalau layar ASUS OLED memang bukan sembarang layar dan bisa merasakan betapa nyaman serta jernih layar laptop yang menggunakan ASUS OLED. Tapi jangan nyesel kalau langsung kepincut seperti saya ya.

Sebagai penutup saya berikan kalimat bijak ala-ala.

Bahagia karena laptop gahar itu biasa tapi kalau mau laptop gahar yang bisa membuat hidup lebih sehat dan bahagia ya ASUS OLED jawabnya. Ingat, ASUS OLED!

See the difference with ASUS OLED!

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*