Mengenal Ekstensi dan Jenis Domain Untuk Website

Jenis Domain

Kali ini kita akan membicarakan tentang ekstensi dan jenis domain yang ada setelah kemarin kita telah membicarakan tentang pengertian dan fungsi domain. Biar ilmunya makin komplit tentang pengetahuan seputar domain, yuk langsung kita bahas saja tentang ekstensi dan jenis domain untuk website.

 

Penjelasan Ekstensi Domain

Ekstensi domain adalah akhiran nama domain yang ditandai dengan tanda titik di sebelah kanan.

Ekstensi domain yang paling sering dan umum kita temukan di Indonesia adalah .COM dan .ID. Sebenarnya masih banyak lagi ekstensi domain yang ada dan kita bisa mendaftarkan nama domain kita dengan ekstensi yang ada. Namecheap sebagai penyedia atau registrar domain memiliki lebih dari 500 ekstensi domain yang dapat dipilih.

Jadi di sini ekstensi domain bisa bermacam-macam tergantung pemilik domain ingin menggunakan ekstensi apa. Misalkan mitrablogger.com yang saya miliki ini menggunakan ekstensi .COM.

 

Jenis Domain atau Tipe Domain

Membahas tentang ekstensi domain, kita juga harus paham tentang jenis-jenis domain yang dapat kita gunakan. Dalam hal ini domain memiliki tiga jenis atau tipe yaitu TLD, ccTLD dan gTLD. Masing-masing tipe memiliki fungsi dan ciri khas tersendiri yang bisa disesuaikan penggunaannya.

Pilihan ekstensi Domain TLD
500 lebih pilihan ekstensi domain TLD di Namecheap

TLD (Top Level Domain)

Sesuai dengan namanya domain tipe ini memiliki hierarki teratas pada penamaan domain. Domain jenis TLD merupakan domain dengan penggunaan paling banyak dan paling sering kita temukan. Contoh domain TLD adalah .COM, .NET, .TREE, .INFO dan masih banyak lagi.

Jika teman-teman ingin membuat blog pribadi, domain TLD adalah jenis yang paling cocok untuk dibeli karena banyak sekali ekstensi yang bisa dipilih dan biasanya tidak ada persyaratan khusus untuk mendaftar.

 

ccTLD (Country Code Top Level Domain)

Seperti kepanjangannya, ccTLD merupakan domain TLD yang ditambahkan kode negara atau inisial negara. Mungkin teman-teman sering menemukannya di website sekolah, kampus atau pemerintahan.

Di Indonesia sendiri kita pasti mengakses website dengan ccTLD jika ada keperluan dengan instansi negara misalkan kita ingin mengisi E-Filling pajak maka kita akan mengakses djponline.pajak.go.id. Domain yang digunakan oleh Ditjen Pajak adalah .go.id yang tergolong domain ccTLD.

Namun, berbeda dengan domain TLD yang lebih longgar, domain ccTLD di Indoensia membutuhkan persyaratan khusus. Syarat yang dibutuhkan biasanya menyesuaikan dengan ekstensinya. Misalkan kita ingin menggunakan ekstensi .co.id maka kita harus menyiapkan dokumen seperti KTP dan SIUP.

 

gTLD (Generic Top Level Domain)

Sebenarnya gTLD tidak berbeda dengan jenis TLD karena pada dasarnya domain gTLD adalah domain TLD yang dibuat dengan ekstensi khusus sesuai dengan keperluannya.

Saya berikan beberapa contoh berikut:

  1. .edu: digunakan untuk website yang berkaitan dengan pendidikan
  2. .org: digunakan untuk website yang berkaitan dengan organisasi
  3. .tv: digunakan untuk website yang berkaitan dengan penyiaran

Sehingga tidak berbeda secara visual tetapi yang membedakan adalah secara makna dari ekstensi domain tersebut.

 

Apakah jenis domain berpengauh ke SEO?

Dari banyak artikel yang saya baca tentang jenis domain berpengaruh ke SEO atau tidak ada yang menjaminnya. Tapi saya menemukan beberapa poin penting, yaitu:

  1. Domain ccTLD dikatakan lebih sempurna untuk target market berdasarkan negara
  2. Hindari domain TLD yang sering digunakan spam misal dengan ekstensi .XYZ
  3. Jangan memakai nama domain yang terlalu panjang

 

Kesimpulan Ekstensi dan Jenis Domain

Setelah membaca secara utuh penjelasan di atas langsung kita rangkum saja biar tambah gamblang pemahamannya.

Jadi kalau kita berbicara tentang ekstensi domain maka kita langsung merujuk ke akhiran sebelah kanan di titik pertama. Sedangkan jika kita berbicara tentang jenis atau tipe domain maka kita merujuk ke semua titik yang ada di sebelah kanan domain.

Misalkan kita ditanya domain mitrablogger.com itu pakai domain jenis apa ya? Kita sudah bisa jawab dengan jenis domainnya TLD dengan ekstensi .COM.

Nah, itu saja dari saya semoga kita bisa bareng-bareng tambah ilmu. Jangan lupa kalau masih bingung langsung tanyakan saja di kolom komentar.

    Tinggalkan Komentar

    Email Anda tidak akan dipublikasikan*