Apa itu Domain? Pembahasan Pengertian dan Fungsi Domain

Pengertian Domain

Domain, mungkin istilah ini sering kita dengar dan kita temukan di berita ataupun hal yang berbau dengan internet. Lalu, apa sih sebenarnya pengertian domain itu? Daripada penasaran mari kita bahas langsung tentang penjelasan dan fungsi dari domain.

 

Pengertian Domain

Domain merupakan sebuah penamaan unik untuk menggantikan alamat IP sebuah server agar lebih mudah untuk diingat. Alamat IP adalah identifikasi sebuah server yang berupa susunan angka, sedangkan domain adalah penamaannya yang berupa susunan huruf ataupun angka yang lebih mudah diingat.

Jika tidak ada domain, ketika kita ingin membuka website maka kita harus menuliskan alamat IP yang berupa angka dan tentunya sulit untuk dihafalkan. Penyelesaian permasalahan tersebut adalah diciptakannya nama domain.

Saya contohkan sosial media Facebook. Alamat IP dari server Facebook adalah 157.240.15.35 sedangkan nama domainnya adalah facebook.com. Teman-teman bisa coba akses kedua alamat yang saya cetak tebal tersebut melalui browser, hasilnya adalah sama-sama menuju website Facebook.

Dari poin di atas dapat kita bayangkan betapa repotnya jika kita harus mengakses dan menghafalkan suatu website tanpa nama domain.

Kemudian jika teman-teman masih bingung dengan penjelasan domain di atas saya coba untuk menjabarkannya lebih sederhana. Kita anggap saja sebuah website adalah rumah dan domain adalah alamatnya.

Sehingga dapat dikatakan pula bahwa nama domain adalah alamat dari suatu website ataupun server.

 

Fungsi Domain di Internet

Fungsi utama dan teknis dari sebuah domain adalah untuk menggantikan alamat IP dalam mengakses suatu website atau server. Anggap saja fungsinya adalah sebagai alamat website ataupun server.

Hal yang harus selalu diingat adalah pada sifat keunikan sebuah domain. Semua domain yang tersebar di dunia tidak ada yang sama, semuanya unik dan berbeda.

Karena poin keunikan tersebut terkadang domain juga difungsikan sebagai branding bahkan ada yang membelinya untuk nantinya dijual ke brand-brand yang mungkin membutuhkan. Pada poin ini saya pernah menulis sebuah artikel tentang seberapa pentingnya domain untuk bisnis.

Ketersediaan domain di Google Domain
Domain sudah tidak tersedia

 

Apakah Domain Bisa Habis?

Jawabannya adalah benar, domain dapat “habis”. Saya memberikan beberapa alasan yaitu pertama karena domain adalah penamaan yang unik seperti yang saya katakana sebelumnya.

Misalkan kita memiliki toko dengan nama brand SEPATU KEREN kemudian ingin mendaftarkan nama domain sepatukeren.com. Apabila nama tersebut telah ada yang mendaftarkan maka kita tidak bisa membelinya walaupun ketika kita coba untuk mengakses domain tersebut tidak bisa.

Mungkin kita masih bisa menggunakan nama brand “SEPATU KEREN” tetapi dengan ekstensi TLD yang lain misalkan sepatukeren.id. Tetapi ada konsekuensi yang harus diterima yaitu tentang perbedaan harga dan mungkin kesan “kurang pas” jika tidak menggunakan ekstensi TLD yang sesuai keinginan atau branding. Sehingga alasan yang kedua adalah belum tentu ekstensi lain yang tersedia sesuai dengan kehendak kita.

 

Kesimpulan

Kesimpulan dari banyak penjelasan diatas hal yang harus selalu diingat adalah pengertian domain yang merupakan alamat sebuah website ataupun server.

Poin lain yang tak kalah penting adalah sifat domain yang unik dimana tidak ada domain dengan nama dan ekstensi yang sama.

Saya sarankan ketika kita memiliki ide yang bisa dikembangkan di internet dan kemungkinan membutuhkan domain, maka lebih baik segera daftarkan nama domain tersebut sebelum diambil oleh orang lain.

Itulah penjelasan tentang apa itu domain dan fungsinya. Semoga hal yang kita bahas kali ini bermanfaat dan jangan malu-malu untuk bertanya jika masih ada yang mengganjal.

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan*